Materi dan Hasil Karya Mozaik

Materi dan Hasil Karya Mozaik
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, mozaik adalah seni dekorasi bidang dengan kepingan bahan keras berwarna yang disususn dan ditempelkan dengan perakekat (Depdiknas 2001).
Pengertian Mozaik yaitu pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan material atau bahan dari kepingan – kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong- potong atau sudah dibentuk potongan kemudian disusun dengan , ditempelkan pada bidang datar dengan cara dilem. Kepingan benda- benda itu , antara lain biji kacang ijo, kacang merah dan biji-bijian lainnya, potongan kertas , potongan daun dan potongan kayu. Untuk membuat garis kontur yang membatasi ruangan atau bidang tidak menggunakan pewarna yang dioleskan, tetapi menggunakan  tempelan- tempelan yang berbeda warna. Mozaik pada umumnya masih dianggap seni lukis karna disamping siftanya yang dua dimensi, masih dibantu dengan gambar pada proses pembuatan polanya walaupun bahannya digunakan kertas, daun, dan biji- bijian. Mozaik dibuat dari bahan- bahan yang sifatnya leparan atau kepingan yang kemudian ditempel pada bidang datar sehingga menjadi sebuah gambar. Mozaik dapat diwakili ide dahulu, setelah ditentukan idenya kemudian cari bahannya baru menentukan idenya karena harus berfikir bagaimana caranya memadukan bahan- bahan yang bermacam- macam menjadi suatu hasil karya. Dibawah ini akan dipaparkan alat dan bahan serta cara pembuatan mozaik.
v  Alat dan bahan
·         Kacang merah
·         Kacang hijau
·         Biji buncis merah
·         Biji undis
·         kertas, pemotong kertas
·         Beras warna merah
·         Pola gambar kodok
·         Lem
v  Cara pembuatannya
·         Olesi lem pada pola gambar kodok
·         Mulai tempelkan kacang hijau pada bagian tubuh kodok, kacang merah dan undis pada bagian kaki, kacang merah pada bagian wajah, biji buncis dan potongan kertas pada bagian mulut, kacang merah pada bagian mata kiri, beras merah pada bagian mata kanan, beras merah pada bola mata kiri, dan biji undis pada bola mata kanan kodok
·         Maka akan menghasilkan mozaik yang berbentuk kodok.
Dibawah ini merupakan gambar alat dan bahan, serta cara pembuatan mozaik berbentuk kodok.



















Sumber :








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Teknik Inkblot, Tarik Benang atau Tarikan Benang dan Fingers Painting Pertemuan Ke-3

Hasil Karya Montase dan Kolase