Resume Materi Seni Rupa Pertemuan Ke-15

Resume Materi Seni Rupa Pertemuan Ke-15
            Menjadi guru haruslah terampil, pembelajaran biasanya bersifat klasikal, kelas kelompok, dan individu. Klasikal membahas tentang pengetahuan umum. Kelas kelompok biasanya sesuai prinsip hukum dan tata tertib. Banyak orang tua yang tidak memberikan informasi penting pada saat anak masih kecil. Pendidikan karakter harus diberikan sejak dini. Biasanya otak kiri berpikir secara vertical sedangkan otak kanan berpikir divergen. Pembelajaran doktrin harus tetap dilakukan. Blended learning bisa diterapkan pada anak usia dini tetapi hanya sebatas mengajak anak belajar diluar lingkungan sekolah dan belum bisa melepaskan anak sendiri.
            Guru dituntut agar terampil dalam mengajar agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Dalam mengajar, diperlukan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan untuk kelancaran proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Berikut keterampilan seorang guru:
v  Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran.
Keterampilan membuka pelajaran ialah yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan prakondisi murid agar minat dan perhatiannya terpusat pada apa yang akan dipelajarinya. Keterampilan menutup pelajaran ialah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengakhiri pelajaran. Keterampilan ini diperlukan guru sebagai tolak ukur apakah pembelajaran yang dilakukan oleh guru itu berhasil ataukah kurang efektif.
v  Keterampilan Menjelaskan
Keterampilan menjelaskan dalam pembelajaran ialah keterampilan menyampaikan informasi secara lisan yang disusun secara sistematis untuk menunjukan adanya hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lain nya.
v  Keterampilan Bertanya
Bertanya merupakan penambahan ilmu yang lebih membekas pada diri siswa. Dan pertanyaan yang berpengaruh positif pada diri siswa tidaklah mudah. Oleh sebab itu, seorang guru hendaklah berusaha agar memahami dan menguasai penggunaan keterampilan bertanya.
v  Keterampilan Memberi Penguatan.
Penguatan adalah salah satu metode yang mana bisa membuat siswa bertindak dengan hal yang sama. Tujuan keterampilan ini ialah agar meningkatkan motivasi pada siswa, menahan tingkah laku negatif siswa, membina dan membudayakan tingkah laku positif siswa.
v  Keterampilan Menggunakan Media Pembelajaran.
Media pembelajran adalah sarana pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mempertinggi efektifitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan keterampilan ini adalah mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan indera, menimbulkan semangat pada siswa,
v  Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil.
Kegiatan membimbing siswa agar dapat melaksanakan diskusi kelompok kecil dengan efektif.
v  Keterampilan Mengelola Kelas
Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal.
8.         Keterampilan Mengadakan Variasi
Dalam mengajar akan lebih menarik jika ada variasi, variasi dalam kegiatan mengajar adalah perubahan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi para siswa serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan.
            Model Pembelajaran klasikal adalah model pembelajaran yang kita lihat sehari – hari. Pada model ini guru mengajar sejumlah peserta didik, biasanya antara 30 sampai dengan 40 orang peserta didik di dalam sebuah ruangan. Para peserta didik memiliki kemampuan minimum untuk tingkat itu dan diasumsikan mempunyai minat dan kecepatan belajar yang relatif sama. Dengan kondisi seperti ini, kondisi belajar peserta didik secara individual baik menyangkut kecepatan belajar, dan minat belajar sukar untuk untuk diperhatiakan oleh guru. Model pembelajaran individual yang sangat popular beberapa waktu yang lalu adalah pembelajaran dengan modul. Modul adalah suatu paket pembelajaran yang memuat suatu unit konsep pembelajaran yang dapat dipelajari oleh peserta didik sendiri. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Kelompok, Pembelajaran berdasarkan kelompok dengan kegiatan pengaman, adalah pola pembelajaran dimana anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok, biasanya anak dibagi menjadi (tiga) kelompok dan masing-masing kelompok melakukan kegiatan yang berbeda-beda. Dalam satu kali pertemuan, anak harus menyelesaikan 2-3 kegiatan dalam kelompok secara bergantian dengan tuntas.


Sumber :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Teknik Inkblot, Tarik Benang atau Tarikan Benang dan Fingers Painting Pertemuan Ke-3

Hasil Karya Montase dan Kolase

Ringkasan Fenomena Gambar Gunung Kembar, Beban dalam Pola Gunung Kembar dan Gambar Gunung Kembar